JUDUL
LAPORAN PTK YANG DISEMINARKAN ADALAH:
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK
KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK MELALU METODE TUTOR SEBAYA
PADA PESERTA DIDIK KELAS XII AP 2 DI SMK NEGERI 21 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN
PELAJARAN 2010/2011
DENGAN ABSTRAK
SEBAGAI BERIKUT
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Kompetensi Kejuruan kompetensi
keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi
Perangkat Lunak melalui metode Tutor Sebaya.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas
XII AP 2 SMK Negeri 21 Jakarta yang jumlah peserta didik 37. Penelitian ini
dilaksanakan mulai dari bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Juni 2011.
Metode yang digubakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari
Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, yang terdiri dari yang terdiri dari dua
siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan ada empat komponen
yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi (PTOR), instrument yang
diguakan adalah angket dan lembar observasi.
Pada siklus I membentuk kelompok peserta
didik, memilih dan melatih tutor dan guru memberikan tugas dengan lembar kerja.
Pada siklus I ini tutor masih mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan materi
kepada teman/binaannya, namun pada siklus 2 masalah komunikasi sudah mulai
teratasi.
Dari penelitian siklus I hasil belajar
peserta didik rata-rata mencapai 79.49 sedangkan pada siklus II mengalami
peningkatan yan signifikan menjadi 83.19. Hasil observasi menunjukan adanya
kesesuaian metode belajar dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar