silahkan ketikan apa yang akan anda cari

Selasa, 28 Februari 2012

seminar pembelajaran


JUDUL
LAPORAN PTK YANG DISEMINARKAN ADALAH:
 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK UNTUK KOMPETENSI MENGOPERASIKAN APLIKASI PERANGKAT LUNAK MELALU METODE TUTOR SEBAYA PADA PESERTA DIDIK KELAS XII AP 2 DI SMK NEGERI 21 JAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2010/2011

DENGAN ABSTRAK
SEBAGAI BERIKUT

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar Kompetensi Kejuruan kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran Standar Kompetensi Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak melalui metode Tutor Sebaya.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XII AP 2 SMK Negeri 21 Jakarta yang jumlah peserta didik 37. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari bulan Januari 2011 sampai dengan bulan Juni 2011. Metode yang digubakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model dari Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart, yang terdiri dari yang terdiri dari dua siklus masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan ada empat komponen yaitu Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi (PTOR), instrument yang diguakan adalah angket dan lembar observasi.
Pada siklus I membentuk kelompok peserta didik, memilih dan melatih tutor dan guru memberikan tugas dengan lembar kerja. Pada siklus I ini tutor masih mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan materi kepada teman/binaannya, namun pada siklus 2 masalah komunikasi sudah mulai teratasi.
Dari penelitian siklus I hasil belajar peserta didik rata-rata mencapai 79.49 sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yan signifikan menjadi 83.19. Hasil observasi menunjukan adanya kesesuaian metode belajar dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar.

hari ini pelaksanaan ujainonline tahap II